Google PageRank Sudah Tidak Di Update Lagi

Google PageRank Sudah Tidak Di Update LagiIvo Blog│Awalnya saya cuma iseng-iseng Browsing di Google siapa tau saja saya bisa menemukan sesuatu yang bisa bermanfaat untuk menambah ilmu saya di bidang Blogger,eh taunya saya menemukan sebuah artikel yang mengatakan Google Page Rank sudah tidak lagi di Update Google dan sudah bisa dibilang tidak digunanakan lagi.Nah dari pernyataan ini saya menjadi ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang info ini dan akhirnya saya memutuskan untuk Browsing ke semua Blog terkenal dan bahkan mencari kebenarannya di Video You tube.Dan akhirnya saya yakin ternyata informasi itu benar karena dikuatkan oleh Video nya yang sudah menyebar dan juga dari Artikel yang di tulis oleh beberapa Blog terkenal dan bertrafic tinggi seperti www.mas-sugeng.com,strukturkode.blogspot.com dan lain sebagainya.

Nah dari informasi yang saya dapat ini saya terinspirasi untuk menulis ulang informasi tersebut di Blog saya dengan beberapa perubahan dan juga beberapa tulisan yang sedikit saya rubah walau pun tidak semuanya.Sebelumnya saya perlu memberitahu bahwa untuk sobat yang masih fokus dalam meningkatkan Page Rank ini mending berhenti dari sekarang.Tapi inget sobat bukan berarti setelah ini sobat harus menyerah dalam meningkatkan Trafic Blognya karena sekarang Google sudah mengganti Page Rank dengan hal yang lebih mudah lagi dan membuat sobat dan semua Bloggeran di Dunia ini bisa lebih berpacu dalam berkarya di Dunia Blogger.Nah pasti sobat penasaran bukan setelah Page Rank mati maka pengganti apa yang sudah disediakan oleh Google?,oke silahkan simak ulasan berikut ini.

Apa Benar Google PageRank sudah mati?

Isu kematian Google PageRank sebenernya sudah berhembus sejak lama, tepatnya sejak bulan Oktober 2013 yang lalu.
Hanya saja isu kematian pada waktu itu tidak terbukti karena pada bulan Desember 2013 ternyata Google melakukan update PageRank.
Namun sudah lebih dari satu tahun semenjak terakhir diupdate, Google PageRank sampai saat ini belum melakukan update lagi.
Banyak yang menganggap bahwa Google PageRank sudah benar-benar mati dan tidak akan diupdate lagi untuk masa mendatang.
Hal tersebut dikuatkan oleh pernyataan salah satu orang pihak Google, John Mueller di salah satu Videonya yang menyebutkan bahwa kemungkinan besar Google PageRank tidak akan diupdate lagi kedepannya.

Kalau beneran mati, Lalu apa penggantinya?

Seperti yang kita tahu selama ini Google PageRank merupakan salah satu metric atau bahasa gampangnya alat yang sering digunakan untuk mengukur seberapa ganteng sebuah blog atau website di mata Google.
Semakin tinggi PageRank sebuah blog atau website maka akan semakin ganteng pula di mata Google.
Tapi jika Google PageRank benar-benar sudah mati maka hal tersebut sudah tidak relavan lagi untuk dijadikan alat ukur. Kita perlu mencari alternatif lain.
Lalu apa kira-kira pengganti PageRank yang pas?
Jawabannya mudah…. BACKLINK
Backlink merupakan salah satu faktor utama yang digunakan oleh algoritma Google untuk meranking halaman web di internet.
Jadi sudah pasti tidak ada metrics yang lebih bagus selain backlink untuk dijadikan sebagai penilaian seberapa ganteng atau keren sebuah blog atau website di mata Google.
Tapi masalahnya…. untuk menilai kualitas sebuah backlink tidak cukup hanya dengan melihat kuantitas atau jumlahnya saja.
Kebanyakan SEOers pemula hanya melihat backlink dari jumlahnya saja. Semakin banyak backlink itu artinya semakin bagus. Padahal tidak demikian.
Blog dengan 1 juta backlink bisa saja dianggap jelek oleh Google jika backlink tersebut berasal dari situs Spam.
Blog dengan 10 backlink bisa saja dianggap super ganteng jika backlink tersebut berasal dari situs otoritas.
Karena menilai sebuah backlink agak sulit maka kita perlu mencari alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengukur kegantengan sebuah blog ataupun web.
Nah.. Domain Authority dan Page Authority merupakan salah satu alternatif terbaik yang bisa digunakan sebagai pengganti Google PageRank.

Apa itu Domain Authority dan Page Authority?

MOZ Domain Authority

Domain Authority dan Page Authority adalah sebuah metric yang digunakan oleh salah satu perusahan SEO bernama Moz.com untuk memprediksi seberapa kuat sebuah domain dan juga halaman web bisa muncul pada hasil pencarian teratas mesin pencari.
Sistem penilaian Domain Authority dan Page Authority ini hampir mirip seperti Google PageRank. Jika Google PageRank menggunakan skor antara 0 sampai 10, Domain Authority dan Page Authority menggunakan skor 0 sampai 100.
Sama halnya seperti Google PagerRank, semakin tinggi Domain Authority dan Page Authority itu artinya semakin bagus.

Perbedaan Domain Authority dan Page Authority

Domain Authority dan Page Authority merupakan metric yang sama, Domain Authority khusus untuk menilai domain secara keseluruhan, sedangkan Page Authority untuk menilai halaman secara individu.
Jadi jika blog sobat menggunakan subdomain gratis seperti blogspot.com atau tumblr.com maka Domain Authority blog sobat akan sama dengan blog-blog lain yang menggunakan subdomain yang sama. Yang membedakan hanya pada Page Authority.

Cara ngecek Domain Authority dan Page Authority?

Caranya sangat mudah, cukup masuk ke https://moz.com/researchtools/ose/
Masukan alamat blog sobat dan klik Search

Domain Authority Ivo Syahputra

Penutup…

Bisa saja Google PageRank memang sudah tidak akan diupdate lagi, tapi kemungkinan tidak benar-benar mati alias masih digunakan oleh Google sebagai salah satu bagian dari Algoritma. Hanya saja PageRank tersebut sudah tidak lagi diperlihatkan untuk publik.
Cukup sampai di sini saja postingan saya kali ini. Jangan lupa cek Domain Authority dan Page Authority blog sobat dan pamerin di kolom komentar di bawah.
Terima kasih.

3 Responses to "Google PageRank Sudah Tidak Di Update Lagi"

  1. wah bisa2 blognya ampe tua ga dapet pagerank nih sob ckckckck
    cari backlink aja deh biar ganteng n tamvan blognya hehehe
    kunjungan balik

    ReplyDelete

>>>>>Peraturan Berkomentar di Blogger Ini.<<<<<

[+] Komentar membangun lebih disukai
[+] Kami wajib menghapus komentar yang melecehkan, kasar, dan bertendensi SARA.
[+] Link aktif dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
[+] Jika ingin menaruh Link Aktif Silahkan klik menu Tukar Link.
[+] Jika ingin berkomentar diluar topik postingan harap beri tanda OOT atau Klik Tombol OOT.
[+] Jika Ingin menggunakan Emoticon silahkan Klik Tombol Emoticon.
[+] Jika Ingin Request Tutor silahkan Klik Tombol OOT dibawah atau pergi ke Menu OOT.

Terima Kasih........

Konversi Kode Emoticon OOT