Cara Jitu Mengoptimalkan SEO Di Blog

Ivo Blog│Di bawah ini adalah tutorial lengkap bagaimana cara memaksimalkan SEO di blogger agar blog sobat lebih disayang oleh Google.
Jika blog sobat disayang Google maka blog sobat akan diberi ranking yang bagus, dan jika ranking udah bagus maka otomatis pengujung blog sobat akan meningkat.
Siapa sih yang ngga mau pengunjung blognya meningkat?
Langsung saja pada postingan ini sobat akan mempelajari beberapa hal berikut ini:
  • RSS Feed
  • Tag Meta Deskripsi
  • Pengalihan khusus
  • robots.txt
  • Tag Meta Robot
  • Gambar postingan
  • Meta tag deskripsi postingan
  • Tautan permanen
  • Template Blogger

 

RSS Feed

Seperti halnya layanan blogging pada umumnya, blogger juga menyediakan fitur RSS feed untuk memudahkan pembaca blog kita berlangganan artikel-artikel yang kita publikasikan. Fitur ini sebenernya sangat bagus, terutama untuk menjaring pembaca. Namun di lain sisi RSS feed juga bisa berdampak buruk untuk SEO blog kita. Kenapa bisa begitu?
Seperti yang kita tahu, di zaman sekarang banyak sekali blogger-blogger pemalas yang maunya serba instan yang sering mencuri konten-konten blog milik orang lain. Nah, RSS Feed ini akhir-akhir ini sering digunakan oleh para pencuri konten sebagai jalan untuk mengambil konten-konten yang ada di blog kita tanpa harus susah-susah CTRL+C dan CTRL+V.
Bayangkan sob, copy paste pun sekarang sudah pada males, sekarang mainannya serba otomatis.
Jika blog kita menjadi korban pencurian konten melalui RSS Feed maka bisa berdampak buruk bagi blog kita karena akan mengakibatkan yang namanya konten duplikat. Nah, untuk sedikit mengatasi masalah ini, kita bisa mengoptimalkan pengaturan RSS Feed yang ada di blogger.
Caranya sangat mudah sekali, sobat cukup masuk ke Dashboard > Setelan > Lainnya. Setelah itu sobat fokus pada bagian Umpan Situs
Pada bagian “Izinkan Umpan Blog” sobat pilih “Singkat

Cara Memaksimalkan SEO di Blogger

Jika sobat memilih opsi ini sebenarnya akan kurang bagus bagi pembaca blog kita yang berlangganan menggunakan RSS, karena setiap kali kita update maka pembaca mau tidak mau harus membuka blog kita untuk membaca secara keseluruhan artikel yang kita publikasikan. Tapi mau gimana lagi. ini dilakukan untuk mencegah terjadinya duplikat konten gara-gara ulah pencuri konten.

Tag Meta Deskripsi

Salah satu fitur keren yang ada di blogger adalah fitur Tag meta. Fitur ini memungkinkan kita memasukan meta deskripsi blog tanpa harus memasukannya secara manual ke dalam template. Fitur ini sebenarnya sudah ada di blogger sejak awal tahun 2012 yang lalu, tapi mungkin masih banyak yang tidak tahu atau belum menggunakannya.
Untuk mengaktifkan fitur ini sangatlah mudah, sobat cukup masuk ke Dashboard > Setelan > Preferensi penelusuran. Setelah itu fokus pada bagian Tag meta dan klik “Edit“. Setelah itu muncul pertanyaan “Aktifkan deskripsi penelususran?” pilih Ya. Terakhir tinggal sobat masukan deskripsi blog sobat.

Cara Memaksimalkan SEO di Blogger

Jangan lupa untuk mengklik “Simpan perubahan

Pengalihan khusus

Fitur ini berfungsi untuk mengarahkan link yang menuju ke blog kita namun link tersebut tidak benar-benar ada alias halaman 404. Saya sendiri kurang menggunkan fitur ini, tapi di situasi tertentu fitur ini bisa sangat bermanfaat.
Sebagai contoh dalam kejadian nyata, tapi mungkin jarang terjadi, kita sedang semangat-semangatnya mencari backlink, dan karena terlalu semangat kita salah menulis link URL di social bookmarking misalnya, yang seharusnya seperti ini:
http://ivo25.blogspot.com/2014/12/ganteng-banget.html
kita salah nulis jadi:
http://ivo25.blogspot.com/2014/12/jelek-banget.html
Nah di saat seperti inilah fitur pengalihan khusus tersebut menjadi berguna. Kita bisa mengalihkan link yang salah tulis tadi ke URL yang benar. Jadi backlink yang sudah terlanjur kita taruh di social bookmarking misalnya menjadi tidak sia-sia.
Untuk cara menggunkan fitur ini silakan sobat masuk ke Dashboard > Setelan > Preferensi penelusuran. Setelah itu fokus pada bagian Kesalahan dan pengalihan dan klik “Edit” pada Pengalihan khusus. Setelah itu tinggal sobat isi URL yg salah (Dari) dan URL yg benar(Kepada):

Cara Memaksimalkan SEO di Blogger

Jangan lupa centang “Permanen” agar link yang salah tersebut dialihkan secara permanen. Jika sudah klik Simpan terlebih dahulu dan klik Simpan perubahan.

Robots.txt

Untuk fitur robots.txt sebenarnya sudah pernah saya singgung di postingan cara mengatasi duplikat konten, tapi akan saya tulis ulang biar lengkap dan mantab.
Robots.txt itu apa sob? robots.txt adalah sebuah file text (.txt) di dalam sebuah halaman web yang berisi perintah-perintah halaman mana yang boleh di index dan mana yang tidak boleh diindex oleh spider mesin pencari. Untuk penjelasaan lebih bagus KLIK DI SINI.
Di blogger file robots.txt ini sudah otomatis ada dan bisa sobat lihat melalui URL ini:
http://namablogmu.blogspot.com/robots.txt
Penampakan file robots.txt tersebut kurang lebih seperti ini:
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow: 

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: http://namablogmu.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED
Seperti yang sudah pernah saya jelaskan pada postingan saya dulu, robots.txt ini bisa kita optimalkan lebih bagus lagi untuk mencegah terjadinya duplikat konten.
Caranya masuk ke Dashboard >  Setelan > Preferensi penelusuran > Klik “Edit” pada bagian “robots.txt khusus” setelah itu akan muncul pertanyaan “Aktifkan robots.txt khusus” pilih Ya. Selanjutnya tinggal sobat masukan kode robots.txt berikut ini:
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow: 

User-agent: Googlebot
Disallow: /search
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0

User-agent: *
Disallow: /search


Sitemap: http://ivo25.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED
Ganti http://ivo25.blogspot.com dengan URL blog sobat.
Kode robots.txt di atas bersisi perintah agar spider mesin pencari tidak mengindex halaman versi seluler yang dalam keadaan default halaman versi seluler sering ikut terindex mesin pencari dan menyebabkan duplikat konten.

Tag Meta Robot

Meta tag robot pada dasarnya fungsinya hampir sama seperti robots.txt, yaitu untuk memberitahu robot perayap halaman mana yang boleh diindex dan halaman mana ya tidak boleh. Selain itu juga ada beberapa perintah-perintah lain.
Nah fitur meta robot yang ada di blogger ini bisa kita manfaatkan untuk mengatasi duplikat konten, terutama duplikat konten yang terjadi karena halaman arsip dan pencarian.Caranya masuk ke Dashboard > Setelan > Preferensi penelusuran > Aktifkan tag header robot khusus. Selanjutnya tinggal sesuaikan seperti gambar di bawah ini:

Cara Memaksimalkan SEO di Blogger

Jangan lupa klik Simpan perubahan

 

Gambar Postingan

Jika sobat membuat postingan yang disertai dengan gambar maka sobat sangat disarankan untuk menggunakan fitur keren yang ada di blogger yang satu ini, yaitu fitur untuk menambahkan atribut “alt” dan “title” secara otomatis pada gambar di dalam postingan.
Caranya sangat mudah, ketika sobat memasukan gambar ke dalam postingan maka cukup klik gambarnya > klik Properties > masukan kata kunci untuk gambar tersebut:

Cara Memaksimalkan SEO di Blogger
Cara Memaksimalkan SEO di Blogger

 

Tag Meta Deskripsi Postingan

Dulu sebelum adanya fitur ini, banyak sekali blogger yang menggunakan sebuah kode meta tag deskripsi otomatis untuk postingan dan sampai sekarang pun masih cukup banyak yang menggunakannya.
Nah karena di blogger sudah ada fitur untuk memasukan meta deskripsi postingan secara manual, maka akan sangat keren jika sobat menggunakan fitur ini agar setiap postingan di blog sobat memilki meta deskipsi yang bervariasi.
Untuk menggunakan fitur ini pertama-tama sobat perlu mengaktifkan fitur tag meta deskripsi yang sudah dibahas di atas. Jika sudah mengaktifkannya maka setiap kali sobat menulis postingan, di bagian kanan akan ada menu tempat memasukan deskripsi postingan:

Cara Memaksimalkan SEO di Blogger

 

Tautan permanen

Fitur yang bisa disebut juga sebagai fitur custom permalink ini berguna bagi sobat yang mungkin ingin menembak kata kunci panjang atau bahasa kerennya long tail keyword. Secara default permalink di blogger hanya dibatasi sampai 6 kata, kurang lebih seperti ini:
http://ivo25.blogspot.com.com/2013/12/cara-memaksimalkan-seo-di-blogger-tahun.html
Jika lebih dari 6 kata, maka permalink akan otomatis terpotong dan hanya menampilkan 6 kata awal dari judul postingan. Nah, jika sobat menginginkan lebih dari 6 kata maka sobat bisa menggunakan fitur ini.
Caranya, saat sobat menulis postingan klik menu Tautan Permanen pada bagian kanan dan pilih Tautan Permanen Khusus, setelah itu tinggal sobat masukan permalink sepanjang yang sobat inginkan.

Cara Memaksimalkan SEO di Blogger

 

Template Blogger

Yang terakhir untuk memaksimalkan SEO di blogger adalah template. Pemilihan template yang bagus juga dapat membantu memaksimalkan SEO di blog sobat. Banyak sekali penyedia template blogger gratis yang bagus di luar sana, tapi sangat sedikit yang bisa dibilang SEO Friendly.
Kriteria template yang bagus untuk SEO itu seperti apa sih sob? hmm.. berhubung postingan ini sudah lumayan panjang, hampir 4jam lebih saya menulis postingan ini, jadi untuk masalah template Insya Allah akan saya bahas pada postingan selanjutnya.
Mungkin hanya segitu saja yang bisa saya tulis kali ini. kurang lebihya silakan bisa sobat tambahkan.

9 Responses to "Cara Jitu Mengoptimalkan SEO Di Blog"

  1. makasih gan, ane praktekan satu persatu dulu.. :)

    ReplyDelete
  2. bisa di coba ini cara..., thnx ya bray

    :o

    ReplyDelete
  3. Wah makasih gan infonya ...
    Bermanfaat banget buat pemula seperti saya :)

    ReplyDelete
  4. thanks infonya gan, soalnya ane masih belajar SEO dasar nih :o

    ReplyDelete
  5. artikel yang sangat menarik gan, mantab benget deh...

    ReplyDelete

>>>>>Peraturan Berkomentar di Blogger Ini.<<<<<

[+] Komentar membangun lebih disukai
[+] Kami wajib menghapus komentar yang melecehkan, kasar, dan bertendensi SARA.
[+] Link aktif dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
[+] Jika ingin menaruh Link Aktif Silahkan klik menu Tukar Link.
[+] Jika ingin berkomentar diluar topik postingan harap beri tanda OOT atau Klik Tombol OOT.
[+] Jika Ingin menggunakan Emoticon silahkan Klik Tombol Emoticon.
[+] Jika Ingin Request Tutor silahkan Klik Tombol OOT dibawah atau pergi ke Menu OOT.

Terima Kasih........

Konversi Kode Emoticon OOT