Trik Jitu Melakukan Riset Keyword Paling SEO

Ivo Blog│Tahukah sobat setiap sobat akan memulai menjadi seorang Blogger pasti sobat akan di halangi oleh beberapa tantangan seperti salah satu contohnya yaitu Melakukan Riset Keyword ini.Nah biasanya keyword sering dikaitkan dengan Blogger,apa pun yang akan kita lakukan dalam Blogger pasti akan di hadapkan Dengan keyword ini.Baik itu keyword dalam Blog maupun untuk Judul artikel Blog.Tapi sebelum saya menjelaskan lebih dalam lagi tentang Cara Riset Keyword ini ada baiknya saya jelaskan terlebih dahulu fungsi dan tujuan dari melakukan riset keyword ini.Tapi inget ya sobat disini saya hanya fokus untuk melakukan riset pada keyword Artikel blog karena sebuah konten Blog adalah penentu sebuah Blog.
Baca Juga :
  • Fungsi Robot.txt Dan Pengertiannya
  • Pengertian SEO Dan Pembagiannya 
  • Apa Sih Fungsi Keyword ?.

    Perlu sobat semua ketahui bahwa dalam sebuah rumah pastinya memiliki pintu-pintu untuk tempat keluar dan masuk orang ke rumah itu.Nah setiap pintu pasti menggunakan Kunci bukan?,jika kunci itu hilang sudah jelas pintu rumahnya tidak bisa dibuka dan membuat orang-orang tidak bisa masuk ke dalamnya.
    Dari cerita diatas dapat disimpulkan bahwa fungsi dari keyword itu sendiri sama halnya dengan kunci pintu tadi,bila pintu itu ada kuncinya pasti orang-orang akan masuk ke dalamnya lalu apa bila tidak pastinya orang tidak akan masuk ke dalamnya.Jadi gunakanlah Keyword yang sebagus mungkin agar Blog sobat mudah ditemukan di mesin pencari Google.Tapi disini saya fokus membicarakan Keyword untuk artikel Blog karena sebuah konten Blog adalah penentu dari layak atau tidaknya suatu Blogger.

    Lalu Apa Tujuannya ?.

    Tujuannya sudah jelas yaitu agar Blog atau artikel blog kita mudah ditemukan di Page one google,semakin bagus keyword atau kata kuncinya maka semakin mudah pula Blog maupun juga artikel blog kita di temukan di Google.Dan juga jika Keyword Artikel atau Blog kita bagus maka Blog atau artikel blog kita akan bisa bersaing di mesin pencari Google.

    Riset keyword itu sejenis apaan sih, Bro?

    Riset keyword atau lebih tepatnya riset kata kunci merupakan salah satu bagian dari SEO atau pengoptimalan mesin pencari. Riset keyword merupakan langkah paling penting dalam strategi SEO.
    Bagi sobat yang ingin mendapatkan pengunjung dari mesin pencari maka tidak ada alasan untuk tidak melakukan riset keyword. Sobat tetap bisa mendapatkan pengujung dari mesin pencari tanpa riset keyword, tapi tidak akan maksimal.
    Riset keyword pada intinya adalah mencari kata kunci yang sering diketikan pembaca di mesin pencari google dan mengoptimasi kata kunci tersebut pada blog yang kita kelola.

    Perbedaan Short dan Long Tail Keyword

    Ketika kita melakukan riset keyword maka kita akan menemukan dua jenis keyword, yaitu short dan long tail keyword. Apaan tuh mas?
    Short tail keyword adalah kata kunci yang biasanya hanya terdiri dari satu atau dua kata. Misalnya :
    • Android
    • Smarphone
    • Android Murah
    • Smartphone Terbaru
    • dll.
    Jenis keyword seperti ini biasanya mempunyai tingkat persaingan yang sangat tinggi. Sangat sulit bagi kita untuk bisa bersaing pada keyword seperti ini kecuali kita mempunyai ilmu SEO tingkat Dewa.
    Lalu apa itu long tail keyword? long tail keyword merupakan versi panjang dari short tail keyword. Contohnya seperti ini:
    • Daftar Smarphone Android Paling Keren
    • Smartphone Android Samsung Terbaik
    • dll.
    Dari dua jenis di atas kira-kira mana yang paling bagus ya, Mas?
    Jika sobat masih pemula maka long tail keyword jelas lebih direkomendasikan karena tingkat persaingan yang cenderung lebih rendah dan memudahkan kita untuk menguasai posisi teratas mesin pencari.
    Kekurangan dari long tail keyword adalah trafik yang didapatkan tidak sebanyak short tail keyword. Selain itu juga cukup sulit untuk menemukan long tail keyword yang benar-benar bagus.

    Cara Riset Keyword Paling Jitu.

    Dalam melakukan riset keyword ini banyak sekali situs generator penyedia riset Keywordnya.berikut contoh situs penyedia riset keyword yang saya ketahui.
    • Google Planner atau Biasa Google Adsword.
    • UberSuggest.org
    • http://keywordshitter.com
    • http://keywordtool.io
    Nah masih banyak lagi sebenarnya situs penyedia riset keyword yang bagus tapi yang saya ketahui ya hanya itu hehehe.Disini saya akan menggunakan Ubersugest untuk melakukan riset keywordnya karena situs ini lebih lengkap dari pada Google Adsword tapi pada akhirnya kita juga sedikit membutuhkan Google Adsword juga hehehe biar lebih sempurna lagi.Tapi jika sobat hanya menggunakan Ubersuggest.org saja tidak masalah kok.Berikut tutorialnya silahkan di simak baik-baik ya sobat.
    • Pertama silahkan sobat klik situs ini ubersuggest.org.
    • Nanti mungkin akan muncul iklan dimana-mana tapi kita fokus ditengahnya karena Toolsnya terdapat ditengah-tengahnya.Berikut contoh gambar dari Toolsnya.
    Riset Keyword
    •  Berikut Keterangannya :
    1. Silahkan tulis Short Keyword yang ingin sobat riset,disitu saya menggunakan kata kunci Cara Membuat Blog.
    2. Silahkan sobat ganti Negaranya Dengan Indonesia.
    3. Masukan kode tantangan atau kode Captchanya.
    4. Terakhir Klik Suggest.
    • Tunggu beberapa saat maka akan muncul hasil riset dari keyword tersebut.Disana silahkan sobat pilih keyword yang paling bagus,jadi tergantung sobatnya juga,tapi inget keywiord yang dimunculkan disana mungkin hasil dari beberapa keyword dari berbagai situs di indonesia yang menggunakan keyword yang sama jadi tinggal sobat ubah sedikit saja biar jadi lebih SEO lagi.Contoh saya menggunakan kata kunci atau keyword dengan nama Cara Membuat Blog Menarik maka saya akan mengubahnya sedikit dengan Cara Membuat Blog Menarik Terbaru.
    Hasil Riset Keyword
    Hmm bagaimana sobat sudah menemukan Keyword yang di inginkan?.Semoga bermanfaat ya untuk sobat Blogger semua.Nah untuk sobat yang mempunyai akun Google Adsword ada baiknya melakukannya lagi di sana karena agar hasil keywordnya lebih memuaskan lagi.Untuk yang ingin melakukannya di Adsword silahkan ikuti tutorial berikut ini.
    • Masih pada bagian hasil dari keyword tadi,nah silahkan sobat Klik Select All Keyword.
    Riset Kata Kunci
    • . Klik “Get
    Mencari Keyword

    • Copy semua keyword dan simpan menggunakan file .txt
    Mencari Kata Kunci

    Langkah selanjutnya yaitu melakukan analisis Dari hasil keyword yang kita dapat dari ubersuggest tadi.Berikut caranya :
    Analisis kata kunci
    • Klik “Get traffic estimates for a list of keywords“.
    • Upload file keyword yang sudah sobat simpan sebelumnya.
    • Klik Get estimates.
    • Klik “Download”.
    Cari Keyword
    Tips : sebelum mendownload sobat bisa merubah “Match types” ke “Exact Match” tujuannya agar dapat menampilakan data yang lebih akurat.
    • Pilih format file .CSV dan klik Download.
    Download Keyword
    • Buka file CSV yang sudah didownload setelah itu silakan bisa dipilih-pilih mana kata kunci yang paling bagus berdasarkan jumlah pencarian yang sobat inginkan.
    Perlu diketahui bahwa data-data yang ditampilkan dari Google Keywords Planner tidaklah 100% akurat.Jika di situ tertulis jumlah pencarian perbulan 1000, maka bukan jaminan blog sobat akan mendapatkan 1000 visitor perbulan jika berada di posisi 1 Google. Bisa lebih banyak dan juga bisa lebih sedikit.

    4 Responses to "Trik Jitu Melakukan Riset Keyword Paling SEO"

    1. bagus banget nich tutor,posting dalam bentuk videonya juga gan

      ReplyDelete
    2. wahh, makasih gan atas infonya

      ReplyDelete
    3. Bermanfaat nih buat nambah pengunjung Blog ane hehehe

      ReplyDelete

    >>>>>Peraturan Berkomentar di Blogger Ini.<<<<<

    [+] Komentar membangun lebih disukai
    [+] Kami wajib menghapus komentar yang melecehkan, kasar, dan bertendensi SARA.
    [+] Link aktif dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
    [+] Jika ingin menaruh Link Aktif Silahkan klik menu Tukar Link.
    [+] Jika ingin berkomentar diluar topik postingan harap beri tanda OOT atau Klik Tombol OOT.
    [+] Jika Ingin menggunakan Emoticon silahkan Klik Tombol Emoticon.
    [+] Jika Ingin Request Tutor silahkan Klik Tombol OOT dibawah atau pergi ke Menu OOT.

    Terima Kasih........

    Konversi Kode Emoticon OOT