Hal Yang Wajib Dilakukan Setelah Blog Ganti Domain TLD

Ganti DomainIvo Blog│Mungkin artikel yang satu ini sangat bermanfaat dan berguna untuk sobat yang baru saja mengganti Domain Blog nya.Disini saya sedikit menjelaskan bahwa saat kita baru mengganti Domain maka akan ada beberapa Dampak yang akan timbul pada Blog kita yaitu seperti trafic yang turun,Artikel akan sedikit turun dari Page One google dan juga terjadi Deindex pada blog.Apa sebabnya?.Saat kita membeli sebuah domain maka secara otomatis alamat asli Blog kita berganti.Sehingga ini membuat Domain yang kita daftarkan atau yang kita submit ke beberapa situs Submit seperti Webmaster,Bing,Yahoo yang lama tentunya tidak berlaku lagi sehingga Google tidak lagi menemukan Blog kita.Tapi ingat ya sobat bukan berarti dengan membeli domain TLD blog kita akan jadi berdampak buruk.Hanya saja kita perlu sedikit mengulang dan menyetingnya kembali.Jika semuanya sudah sobat lakukan maka Domain TLD akan bekerja seperti apa yang sobat harapkan dan dapat membuat Blog sobat bersaing ketat di SERP google.Nah dari masalah Ganti domain sendiri,disini saya akan memberikan solusinya agar Blog sobat tetap bersahaja di SERP google saat kita ganti Domain TLD.Berikut yang wajib sobat lakukan saat ganti Domain.

1. Submit Ulang Alamat Blog Ke Webmaster Tool Dan Bing.
    Saat kita ganti domain pastinya juga alamat Blog kita juga berganti.Saat kita mencari Judul Blog kita digoogle mungkin bisa saja tapi hanya saja artikel blog kita yang akan turun dan tidak dikenali lagi oleh google karena URL nya sudah berganti sehingga terjadi deindex pada artikel blog kita,dan sudah menjadi 404 Not Found di Google.Nah dari permasalahan disini pastinya sangatlah rumit.Jadi silahkan sobat lakukan Submit ulang Blog sobat ke Webmaster dan Bing yang fungsinya untuk memberitahukan pada Google dengan alamat baru Blog kita dan juga agar Artikel blog kita bisa di reindex ulang oleh google.
Baca Juga : Cara Submit Blog Ke Google Webmaster Tools
2. Submit Ulang Sitemap Blog Kita.
    Fungsinya mungkinlah sama dengan yang diatas yaitu agar Artikel blog kita bisa dibaca lagi oleh Google dan bisa bersaing lagi di mesin pencari google.Dengan mensubmit ulang maka Google akan melakukan Reindex kembali pada artikel blog kita.Karena pada saat kita ganti domain maka Sitemap blog kita sudah di deindex oleh google.Dan tidak bisa di deteksi lagi oleh google.Karena tentunya Blog lama berbeda alamat nya dengan Blog baru kita jadi ada baiknya melakukan Submit ulang sitemap.
Baca Juga : Cara Submit Sitemap Ke Google Webmaster Tools
3. Daftarkan Kembali Ke Google Analityc.
    Untuk Membantu memonitor interaksi perkembangan pengunjung pada Blog kita ada baiknya kita mendaftarkan kembali blog baru kita ke Google Analityc.

4. Submit Ulang Alexa Jika Kita Menggunakan Alexa.
    Jika sebuah blog yang menggunakan alexa pasti ketika kita mengganti domain pastinya rank Blog kita di alexa akan kembali menjadi No Data.Nah untuk mengembalikan Rank alexa blog kita maka silahkan Submit ulang blog kita di Alexa dan taruh meta tag baru alexa di Blog kita dan silahkan verifity ulang.Nah jika sudah maka rank alexa kita pasti akan kembali lagi walaupun belum seperti saat sebelum kita ganti domain blog kita.
Baca Juga : Cara Claim Blog Ke Alexa
5. Rajinlah Membuat Artikel Berkualitas.
    Saat kita selesai melakukan semua hal yang diatas yang berpengaruh pada Search Mesin pencari terhadap blog kita maka sekarang saatnya kita optimasi kembali konten Blog kita.Dengan kita lebih rajin membuat artikel yang unik,Original,Dan juga sesuai dengan kriteria yang disukai Google maka dengan cepat artikel Blog kita terindex kembali dan blog kita bisa eksis lagi di Mesin pencari apa lagi setelah menggunakan domain TLD,Waahhh bisa bersaing ketat itu artikelnya.
Baca Juga : Cara Menulis Artikel Berkualitas
6. Membuat Daftar Isi Di Blog.
    Jika alternatif diatas belum bekerja maka dengan cara yang satu ini mungkin bisa membantu juga yaitu dengan menambahkan daftar isi di blog.Dengan membuat daftar isi di blog yang mencakup semua isi konten blog kita maka akan mempermudah googlebot dan mesin pencari untuk mengenali dan menelusuri kembali seluruh artikel blog kita.Kalau kita sudah menggunakan Daftar isi sebelumnya maka ada baiknya daftar isi itu dihapus dan dibuat daftar isi baru dengan laman baru juga tentunya.
Baca Juga : Cara Membuat Daftar Isi Di Blog
7. Gunakan Template Yang SEO Friendly Dan Responsif.
    Bila pada tahap-tahap diatas tidak membuat artikel blog kita tidak terdeteksi di mesin pencari maka mungkin itu kesalahan pada penggunaan template blog kita yang tidak mendukung kinerja konten blog kita.Nah ada baiknya kita menggunakan template blog yang lebih SEO Friendly lagi dan juga tentunya Responsif alias Fast Loading.
Baca Juga : Kumpulan Template SEO Friendly
Nah Demikianlah yang dapat saya share dari pengalaman saya dan dari beberapa ilmu yang saya dapat dari google dengan beberapa perubahan.Semoga bermanfaat..Terima kasihh.....

9 Responses to "Hal Yang Wajib Dilakukan Setelah Blog Ganti Domain TLD"

  1. Info menarik nih, saya juga udah beli domain baru www.kumpulinfo.com kira2 kapan ya keindexnya? Padahal sudah submit! :/

    ReplyDelete
  2. ok gan terima kasih atas informasinya :)


    seosc.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. saya rasa semua cara diatas memang tapi yang jelas masih butuh waktu

    ReplyDelete
  4. Saya ganti domain .tk gan, yang tadinya peringkat atas sekarang jadi ngilang. Izin nyoba caranya dulu gan :D

    ReplyDelete
  5. ribet juga ya gan , tapi yang jelas harus sabar

    ReplyDelete
  6. Bermanfaat banget nih artikel .
    nice share gan (y)

    ReplyDelete
  7. mantab sob, makasih artikelnya tips-tipsnya...

    ReplyDelete

>>>>>Peraturan Berkomentar di Blogger Ini.<<<<<

[+] Komentar membangun lebih disukai
[+] Kami wajib menghapus komentar yang melecehkan, kasar, dan bertendensi SARA.
[+] Link aktif dalam komentar akan terhapus secara otomatis.
[+] Jika ingin menaruh Link Aktif Silahkan klik menu Tukar Link.
[+] Jika ingin berkomentar diluar topik postingan harap beri tanda OOT atau Klik Tombol OOT.
[+] Jika Ingin menggunakan Emoticon silahkan Klik Tombol Emoticon.
[+] Jika Ingin Request Tutor silahkan Klik Tombol OOT dibawah atau pergi ke Menu OOT.

Terima Kasih........

Konversi Kode Emoticon OOT